Article

Sabtu, 09 Februari 2013

Definisi Las


Definisi Las.
Pengelasan adalah proses penyambungan material, baik itu logam maupun non logam, dengan menggunakan energi panas (temperatur tertentu). Proses ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi tekanan maupun tidak, dan juga bisa menggunakan bahan tambah maupun tidak. 

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Las menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1994), " adalah penyambungan besi dengan cara membakar. Dalam referensi-referensi teknis, terdapat beberapa definisi dari Las, yakni sebagai berikut :
Berdasarkan defenisi dari Deutche Industrie Normen (DIN) dalam Harsono dkk(1991:1), mendefinisikan bahwa " las adalah ikatan metalurgi pada sambungan logam paduan yang dilakukan dalam keadaan lumer atau cair ". Sedangkan menurut maman suratman (2001:1) mengatakan tentang pengertian mengelas yaitu salah satu cara menyambung dua bagian logam secara permanen denaga menggunakan tenaga panas. Sedangkan Sriwidartho, Las adalah suatu cara untuk menyambung benda padat dengan dengan jalan mencairkannya melalui pemanasan.
Dari beberapa pendapat diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kerja las adalah menyambung dua bagian logam atau lebih dengan menggunkan energi panas.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar